Thursday, January 2, 2020

ORANG SOMBONG ITU SIAPA?


OLEH: MUHAMMAD PLATO

Kita sering mengajarkan kepada anak-anak jangan sombong. Namun kadang-kadang lupa apa kriteria orang sombong. Orang sombong lebih sering digambarkan sebagai orang yang suka membangga-banggakan kelebihan yang dimilikinya. Kemudian orang sombong selalu dialamatkan kepada orang-orang yang berkedudukan tinggi, punya kekayaan dan berilmu. Dengan demikian orang-orang miskin tidak berpotensi sombong.

Padahal jika kita kaji dari konsep Al-Qur’an, setiap manusia dari dari kelas kaya, miskin, berilmu, bodoh, tidak berkedudukan dan berkedudukan, mereka sama-sama memiliki potensi sombong. Di dalam Al-Qur’an, melalui pendekatan hubungan konsep kita dapat menemukan beberapa ciri dari orang-orang sombong.

ORANG SOMBONG ITU PENDUSTA-PENDUSTA NIKMAT ALLAH (MUHAMMAD PLATO)
Tulisan bertujuan untuk mengajarkan kepada semua orang untuk memahami dengan baik apa kriteria kesombongan, sehingga setiap orang bisa mengidentifikasi dirinya sendiri, berdasarkan standar konsep yang ada dalam Al-Qur’an. Perhatikan konsep konsep yang di cetak tebal. Konsep konsep tersebut adalah konsep pembentuk pengretian atau definisi sombong. Hal ini penulis lakukan sebagaimana teori membangun definisi yang dikembangkan oleh para pemikir muslim atau pun non muslim yang meyakini bahwa hidup itu merupakan satu kesatuan bukan terpisah-pisah.  Tokoh-tokohnya antara lain, Ibn Sina, Ibn Arabi, Hegel, Imanuel Kant, Fritjop Capra, Sorokin, Kuntowijoyo, Haidar Bagir, dan Fahmi Basya. Konsep pemikiran ini sesuai dengan keterangan di dalam Al-Qur’an. Di bawah ini adalah beberapa kriteria kesombongan yang penulis temukan dari dalam Al-Qur’an.

PERTAMA

"Bertakwalah kepada Allah", bangkitlah kesombongannya yang menyebabkannya berbuat dosa. (Al Baqarah, 2:206). Ciri dari orang sombong adalah mereka yang bebuat dosa.

KEDUA

“Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri,” (An Nisaa, 4:36). Ciri orang sombong adalah mereka yang punya kelebihan dalam hidup, tetapi tidak mau berbuat baik kepada ibu bapak, kerabat, anak yatim, orang miskin, tentangga, teman sejawat, ibnu sabil, dan hamba sahaya.

KETIGA

"Harta yang kamu kumpulkan dan apa yang selalu kamu sombongkan itu, tidaklah memberi manfaat kepadamu". (Al A’raaf, 7:48). Ciri orang sombong adalah mengumpul-ngumpulkan harta.

KEEMPAT
“Tuhan kamu adalah Tuhan Yang Maha Esa. Maka orang-orang yang tidak beriman kepada akhirat, hati mereka mengingkari (keesaan Allah), sedangkan mereka sendiri adalah orang-orang yang sombong. (An Nahl, 16:22). Ciri orang-orang sombong adalah mereka yang hatinya tidak meyakini adanya akhirat.

KELIMA
Tidak diragukan lagi bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa yang mereka rahasiakan dan apa yang mereka lahirkan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong. (An Nahl, 16:23) Ciri orang-orang sombong adalah mereka yang merasa segala sesuatu yang diketahuinya adalah miliknya.  

KEENAM
“Dan telah Kami tetapkan terhadap Bani Israel dalam kitab itu: "Sesungguhnya kamu akan membuat kerusakan di muka bumi ini dua kali dan pasti kamu akan menyombongkan diri dengan kesombongan yang besar." (Al Israa, 17:4). Ciri orang-orang yang berprilaku sombong adalah yang berbuat kerusakan di muka bumi.

KETUJUH
Dan apabila Kami berikan kesenangan kepada manusia niscaya berpalinglah dia: dan membelakang dengan sikap yang sombong; dan apabila dia ditimpa kesusahan niscaya dia berputus asa. (Al Israa, 17:83). Ciri orang-orang sombong adalah mereka ketika senang membelakangi, ketika susah putus asa.

KEDELAPAN
“Bahwa janganlah kamu sekalian berlaku sombong terhadapku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang berserah diri". (An Naml, 27:31). Ciri orang-orang sombong adalah mereka yang egois.

KESEMBILAN
Karena kesombongan (mereka) di muka bumi dan karena rencana (mereka) yang jahat. (Fathir, 35:43). Ciri orang sombong adalah mereka yang berencana jahat.

KESEPULUH
Sebenarnya orang-orang kafir itu (berada) dalam kesombongan dan permusuhan yang sengit. (Shaad, 38:2). Ciri orang-orang sombong adalah mereka yang kafir dan yang selalu menimbulkan permusuhan.

KESEBELAS
“Apakah wahyu itu diturunkan kepadanya di antara kita? Sebenarnya dia adalah seorang yang amat pendusta lagi sombong". (Al Qamar, 54:25). Ciri orang sombong adalah pendusta.

KEDUABELAS
(Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri, (Al Hadiid, 57:23). Ciri orang sombong adalah mereka yang berduka cita terhadap apa yang luput, dan terlalu gembira atas apa yang didapat.

 KETIGABELAS
Atau siapakah dia ini yang memberi kamu rezki jika Allah menahan rezeki-Nya? Sebenarnya mereka terus-menerus dalam kesombongan dan menjauhkan diri? (Al Mulk, 67:21). Orang sombong adalah mereka yang merasa memberi rezeki, dan menahan rezeki orang.

Kesimpulan dari seluruh kriteria orang-orang sombong, mereka adalah yang tidak taat kepada apa-apa yang telah diatur dan ditetapkan oleh Allah swt. Mereka memalingkan diri, berdusta, dan merasa berkuasa, dengan tidak mengindahkan atas apa-apa yang sudah Allah tetapkan. Dengan demikian sifat sombong berpotensi terjadi pada semua lapisan masyarakat. Orang kaya, miskin, berilmu, tidak berilmu, berkedudukan atau tidak, semua berpotensi menjadi orang-orang sombong jika tidak taat pada aturan yang telah ditetapkan Allah. Wallahu’alam.

(Penulis Master Trainer Logika Tuhan)

No comments:

Post a Comment