Tuesday, December 11, 2012

MAU TAHU FUNGSI HATI SEBENARNYA?

Kata orang bijak, “Tuhan itu tidak bisa dikenal dengan logika tapi dengan hati”. Pernyataan ini tidak salah, tapi jangan lupa! Sebelum hati berfungsi logika harus bekerja. Kayaknya tidak mungkin hati bisa bekerja optimal jika tidak kerjasama dengan logika.

Saya coba kasih pengertian sedikit tentang fungsi hati. Perhatikan bunyi ayat di bawah ini;

“Maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah hati yang di dalam dada”. (Al hajj [22] : 46)

Mukjizat Al-Qur’an kata demi kata punya keterkaitan. KARENA saya baca dalam buku yang bisa dipertanggung jawabkan salah satu arti kata dari Al-Qur’an itu sendiri adalah SALING KETERKAITAN. Maka saya yakin, dengan mencari keterkaitan kata dalam Al-Qur'an, kita bisa sedikit demi sedikit memahami sesuatu. Coba kita perhatikan ada berapa kata kerja dalam ayat di atas.
1)    Berjalan
2)    Memahami
3)    Mendengar
4)    Melihat
Empat kata kerja di atas menjelaskan fungsi hati. Artinya hati bisa berfungsi jika kita berjalan di muka bumi (dalam arti aktif mencari pengetahuan), lalu mencoba memahami, mendengar, dan melihat dengan teliti, dan penuh pertimbangan.

Memahami adalah cara kerja otak, mendengar cara kerja telinga, melihat cara kerja mata. Pada prakteknya memahami, mendengar, dan melihat dikendalikan oleh otak.

Jadi bagaimana hati itu berfungsi? Ya, kalau seluruh indera kita bisa bekerja dengan baik. Mata bisa melihat, telinga bisa mendengar, dan otak memahami (logikanya berfungsi). Pemahaman, penglihatan, dan pendengaran bisa buta, jika tidak mendapat petunjuk dari Tuhan. Oleh karena itu Tuhan menurunkan kitab suci berisi petunjuk-petunjuk bagaimana kita memahami (berlogika), melihat dan mendengar agar hati kita berfungsi.

To the point aja deh! Fungsi hati itu bagaimana? Ya, mendengar (telinga), melihat (mata) dan memahami (logika) titik. Jadi berfungsinya hati adalah berfungsinya seluruh indera manusia. Berfungsinya seluruh indera tidak lepas dari berfungsi seluruh bagian otak yaitu otak kiri, kanan, dan tengah. Berfungsinya hati sama dengan berfungsinya otak. Begitu!!!

Jadi, orang-orang yang hatinya bekerja, sudah pasti otaknya (logikanya) cerdas bahkan seharusnya super cerdas. Tidak ada petunjuk dari Tuhan, jika mau memungsikan hati harus mematikan logika. Tidak percaya? Bacalah...  Al-Qur’annya!!!

Ciri-ciri orang-orang yang menggunakan hatinya, dia tidak berpikir parsial. Dia memahami kebenaran dari berbagai sudut pandang (holistis). Melihat permasalahan dari berbagai sisi,  memutuskan masalah dengan penuh pertimbangan, dan logikanya tidak lepas dari petunjuk Tuhan. So pasti, orang yang hatinya bekerja punya kepribadian agung. Contohlah Nabi Muhammad SAW. Salam Sukses Dengan Logika Tuhan. Wallahu ‘alam.

2 comments:

  1. Terimakasih atas komentarnya, kalau mau beli buku logical Tuhan bias hub Kami

    ReplyDelete