Monday, September 7, 2015

WHY KNOWLEDGE IS POWER?



Jika anda jalan-jalan ke kota Bandung, ada salah satu sekolah favorit yang menjadikan kalimat, “Knowledge is Power” sebagai mottonya. Terjemahannya kurang lebih “pengetahuan adalah kekuatan”. Kalimat ini terpampang besar di depan sekolah tersebut.

Jika sekilas kita baca, motto ini tidak akan bermakna apa-apa. Namun jika kita pikirkan kalimat ini mengandung makna filosofis tinggi.

Saya lupa lagi siapa yang pertama kali mengungkapkan kalimat ini. Kalau tidak salah dia seorang ilmuwan terkenal dari Barat, kalau tidak salah Francis Bacon. Kalau saya salah cari aja sendiri, karena dalam hal ini saya tidak akan membahas siapa yang pertama kali mengemukakannya.

Kembali ke pertanyaannya mengapa pengetahuan adalah kekuatan? Jawabannya karena semua yang berhasil diciptakan manusia berawal dari pengetahuan. Orang-orang Jepang bisa membuat kendaraan karena mereka memiliki pengetahuan . Bill Gate bisa membuat sofware microsoft karena Dia memiliki pengetahuannya. Tanpa pengetahuan orang tidak akan bisa berbuat apa-apa. Paranormal yang bisa menerawang ke depan, sebabnya dia memiliki pengetahuan.

Pengetahuan sangat berpengaruh dalam  membentuk pribadi manusia. Orang-orang yang tidak berpengetahuan cenderung pasif. Tanpa pengetahuan manusia akan jadi penakut. Kita bisa takut untuk pergi ke Jakarta, karena tidak tahu jalan. Setan ditakuti karena sering ditampilkan dengan wajah buruk dan prilaku jahat. Sebaliknya malaikat disenangi karena sering digambarkan dengan wajah tampan dan baik hati. Demikianlah pengetahuan sangat berpengaruh pada pribadi seseorang.

Banyak orang takut gagal dalam usaha, karena tidak tahu gagal itu penyebab sukses. Secara spontan  jika dihina orang kita inginnya marah, karena tidak tahu bahwa hinaan orang itu tidak berdampak apa-apa untuk dirinya. Orang-orang kikir hanya tahu bahwa memberi menyebabkan harta berkurang.

Orang-orang yang mengetahui apa yang akan terjadi dikehidupan masa depannya, tidak akan takut untuk hidup. Orang-orang yang tahu bahwa dibalik pengorbanan besar ada keuntungan besar, dia tidak akan segan-segan untuk berkorban.

Semua tindakan seseorang ditentukan oleh luas dan dalamnya pengetahuan. Maka dari itu, karakter seseorang juga ditentukan oleh pengetahuan yang dimilikinya. Orang yang hanya tahu  rumus 1-1= 0 (nol dalam arti kosong), hidupnya akan jauh dari kata dermawan.

Tuhan ada dalam tataran pengetahuan. Sebelum pengetahuan dari Tuhan datang kepada manusia, Tuhan banyak ragamnya. Setelah pengetahuan dari Tuhan datang, manusia mengenal tiada Tuhan selain Allah swt.

Tuhan pun menegaskan bahwa inti dari eksistensi manusia di muka bumi bergantung pada pengetahuan. Maka dari itu Tuhan mengutus Rasul yang diberi pengetahuan (wahyu). Kitab suci yang isinya pengetahuan dari Tuhan, adalah mukjizat Tuhan terbesar yang diberikan kepada manusia melebihi mukjizat menghidupkan orang mati, atau membelah laut.

Perintah bacalah, bisa dipahami sebagai perintah perbanyaklah pengetahuan, karena dengan berpengetahuan rahasia langit dan bumi akan terungkap. Siapa tidak suka menambah pengetahuan, hidupnya pasti tertinggal zaman. Wallahu’alam.

(Muhammad Plato, Penulis Buku Hidup Sukses Dengan Logika Tuhan. Follow me @logika_Tuhan)

No comments:

Post a Comment