Friday, October 20, 2017

HIDUP KITA ADALAH SHALAT


OLEH:
MUHAMMAD PLATO

Tulisan ini akan membantu kawan-kawan untuk sedikit memahami dari keterangan sebuah ayat Al-Qur’an.  Dengan membaca tulisan ini, kawan-kawan sedikit  bisa membuktikan bahwa keterangan yang ada dalam kitab suci Al-Qur’an sesungguhnya berlaku untuk seluruh alam. Firman-firman Tuhan, jika terus kita kaji akan mengantarkan kita kepada pemahaman yang dalam tentang kehidupan ini.

Seandainya gerakan satu rakaat shalat yang terdiri dari gerakan ruku, berdiri, dan dua kali sujud adalah putaran 360 derajat, maka dari sudut pandang ini gerakan melingkar 360 derajat adalah shalat. Satu rakaat shalat bisa berarti satu putaran.

Dari pemahaman di atas kita bisa memahami bagaimana bumi shalat. “Tidakkah kamu tahu bahwasanya Allah: kepada-Nya bertasbih apa yang di langit dan di bumi dan (juga) burung dengan mengembangkan sayapnya. Masing-masing telah mengetahui (cara) shalat dan tasbihnya, dan Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan. (An nuur, 24:41).



Jika shalat kita adalah putaran 360 derajat, maka bisa kita pahami bahwa gerakan bumi mengelilingi matahari adalah gerakan melingkar 360 derajat sebagai shalatnya bumi. Dapat dipastikan bahwa bumi adalah termasuk makhluk Allah yang taat dalam mengerjakan shalat. Dapat diprediksi matahari bergerak 360 derajat mengelilingi objek yang lebih besar lagi sebagai bentuk gerakan shalat matahari.

Nabi Muhammad saw menjelaskan bahwa inti dari shalat adalah doa. Namun kita juga dapat memahami implementasi shalat dalam kehidupan sehari-hari adalah gerak melingkar 360 derajat.

Maka kita juga paham, mengapa Jalaluddin Rumi menciptakan tarian spiritual dengan gerakan melingkar lingkar 360 derajat. Tarian itu adalah implementasi dari gerakan shalat.

Kita juga bisa saksikan, gerakan roda-roda gigi dalam blok mesin kendaraan. Semuanya melakukan gerakan melingkar 360 derajat berulang-ulang. Tanpa gerakan 360 derajat berulang-ulang, kendaraan tidak akan bisa bergerak. Komponen-komponen dalam blok mesin itu melakukan gerakan shalat. Tanpa gerakan shalat kendaraan tidak akan bisa berjalan.

Dalam inti atom yang terdiri dari proton dan elektron. Kalau kita saksikan elektron terus menerus melakukan gerakan 360 derajat mengelilingi proton. Elektron itu terus menerus melakukan gerakan shalat.

Kepakkan sayap burung-burung yang terbang adalah gerakan ke atas ke bawah yang menghasilkan lingkaran 360 derajat. Burung-burung bisa terbang karena gerakan sayap 360 derajat.

Siklus kehidupan manusia pun mengikuti gerak 360 derajat. Dari lahir rahim seorang ibu kembali ke rahim ibu pertiwi. Siklus itu adalah gerakan 360 derajat. Setiap hari kita berangkat kerja dari rumah kemudian kembali ke rumah, ternyata kita telah melakukan gerakan melingkar 360 derajat.

Thawaf adalah salah satu sunnah dalam ibadah haji. Gerakan thawaf adalah melingkari Ka’bah 360 derajat. Demikian juga dengan Sa’i, lari dari bukit Marwa ke Safa, adalah gerakan 360 derajat. 

Dari fakta-fakta itu sesungguhnya seluruh alam ini melakukan gerakan melingkar 360 derajat. Untuk itulah Allah memberi tahu kepada kita semua, bahwa seluruh makhluk di bumi ini melakukan shalat. Maka tidak ada makhluk yang bisa lepas dari pengetahuan Tuhan, apapun yang mereka kerjakan tidak akan lebih dari sebuah gerakan melingkar 360 derajat.

Aliran darah dalam tubuh bergerak melingkar 360 derajat. Siklus terjadinya air hujan, dimulai dari penguapan air di laut, menunjukkan gerakan siklus melingkar 360 derajat.

Sesungguhnya shalat adalah gerakkaan 360 derajat yang menggerakkan kehidupan alam semsesta. Maka tidak ada satupun aktivitas kita di muka bumi ini yang tidak mengikuti gerakan shalat 360 derajat. Maka dari itu Allah memerintahkan bergeraklah di muka bumi ini 360 derajat. Dan ingatlah Allah yang banyak agar dalam gerakan 360 derajat yang kamu lakukan sehari-hari diberi kekuatan dan keberuntungan oleh Allah.

“Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung”. (Al Jumu’ah, 62:10)

Dan Allah mengajarkan kepada Nabi Muhammad saw gerakan shalat, karena inti seluruh gerakan hidup makhluk di muka bumi ini adalah shalat. Semoga kita diberi kesadaran untuk selalu ingat Allah dalam gerakan shalat kita. Wallahu ‘alam.

(Master Trainer @logika_Tuhan)

No comments:

Post a Comment