Saturday, November 21, 2020

ADNAN LELO MAESTRO LOGIKA TUHAN

OLEH: MUHAMMAD PLATO

Menyimak tayangan talkshow dalam satu stasiun televisi swasta ternama ada getaran hati yang menandakan satu frekuensi. Aznan Lelo adalah maestro logika Tuhan. Seluruh isi talk shaw semua mengandung ajaran logika dari Tuhan yang disampaikan dalam bahasa lugas, lepas, tanpa beban, santai, dingin, dan nyaris minim ekpresi, namun sangat full inspiration.

Aznan Lelo memiliki gelar akademik panjang dan memiliki salah satu profesi bergengsi di negeri ini, namun prilakunya sangat unik dan karakternya ganjil sangat berbeda dengan karakter manusia yang pernah kita temui di muka bumi ini.

Menurut Beliau, “ada tiga profesi di muka bumi ini yang tidak boleh menentukan tarif, yaitu guru, dokter, dan pengacara”. Filosofi ini sangat melangit karena sumbernya bukan dari pemikiran manusia material yang menghitung penghasilan dengan hitungan untung rugi secara material.


“Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba”. (Al Baqarah, 2:275). Jual dibeli dijelaskan di dalam surat lain dijelaskan dalam satu redaksi ayat yaitu membelanjakan sebagian rezeki yang telah Allah berikan. “Hai orang-orang yang beriman, belanjakanlah sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi persahabatan yang akrab dan tidak ada lagi syafa`at. Dan orang-orang kafir itulah orang-orang yang dzalim.” (Al Baqarah, 2:254). Jual beli dalam konsep Al-Qur’an sebagai sebuah tindakan pertukaran jasa, barang, dalam kontek saling memberi atau mensedekahi.  

Etika jual beli lainnya, tidak boleh kedua belah pihak saling memberatkan. “…Dan persaksikanlah apabila kamu berjual beli; dan janganlah penulis dan saksi saling sulit-menyulitkan” (Al Baqarah, 2:282). Letak kekhalalan dari jual beli adalah kedua belah pihak tidak ada yang merasa dibebani, dan saling menyulitkan. Jual beli dilakukan dengan jiwa ikhlas, rela melepas dan bahagia menerima.

Aznan Lelo selama praktek jadi dokter tidak pernah menentukan tarif pada pasiennya. Pesien membayar dokter dengan memasukkan uang ke dalam amplop yang tidak diketahui jumlahnya. Sesekali terdapat amplop kosong dan tidak pernah jadi masalah karena tidak diketahui orangnya. Setiap hari pasien yang dilayaninya antara 30 sampai 153 orang. Amplop amplop yang diterima dari pasien selalu ada alokasi untuk zakat dan orang tua. Setiap pasien dilayani dengan baik tanpa melihat latar belakang.

Demikian Allah mengabarkan bahwa orang-orang yang hidup dengan logika Tuhan memiliki karakter-karakter berbeda dengan manusia pada umumnya. Untuk itulah orang-orang beriman yang hidup dengan logika Tuhan seperti orang asing yang ada di tengah lautan manusia, namun orang asing ini punya karakter mensejahterakan banyak orang. Wallahu’alam. 

No comments:

Post a Comment