Thursday, May 7, 2020

ILMU ALLAH

OLEH: MUHAMMAD PLATO
(Penulis Master Trainer Logika Tuhan)

Jika mereka yang kamu seru itu tidak menerima seruanmu (ajakanmu) itu maka (katakanlah olehmu): "Ketahuilah, sesungguhnya Al Qur'an itu diturunkan dengan ILMU ALLAH dan bahwasanya tidak ada Tuhan selain Dia, maka maukah kamu berserah diri (kepada Allah)?" (Huud, 11:14)


Melalui metode hubungan konsep kita kaji apa yang bisa kita temukan yang dimaksud Ilmu Allah. Kita coba keluarkan beberapa konsep yang kita temukan dalam satu redaksi dalam satu ayat antara ILMU dan ALLAH. Selanjutkan kita teliti kata-kata lain dari ayat yang bisa dijadikan  penanda dari kata Ilmu dan Allah. Kurang lebih ada 29 ayat Al-Qur’an yang memuat kata Allah dan Ilmu dalam satu redaksi ayat. Dipilih beberapa ayat yang dapat dipahami secara nalar menunjukkan hubungan langsung.

NO
SURAT
KATA PENANDA ILMU ALLAH
JUMLAH SURAT
1
Di antara manusia ada orang yang membantah tentang ALLAH tanpa ILMU PENGETAHUAN dan mengikuti setiap syaitan yang sangat jahat, (Al Hajj, 22;3)
Pengetahuan
9
2
Berkatalah orang-orang yang dianugerahi ILMU: "Kecelakaan yang besarlah bagimu, pahala ALLAH adalah lebih baik bagi orang-orang yang beriman dan beramal shaleh, dan tidak diperoleh pahala itu kecuali oleh orang-orang yang SABAR". (Al Qashshas, 28:80)
Sabar
1
3
Dan sesungguhnya Kami telah memberi ILMU kepada Daud dan Sulaiman; dan keduanya mengucapkan: "Segala puji bagi ALLAH yang melebihkan kami dari kebanyakan hamba-hamba-Nya yang BERIMAN". (An Naml, 27:15)
Beriman
6
4
(Mereka tidak mau mengakui yang diturunkan kepadamu itu), tetapi ALLAH mengakui AL QUR'AN yang diturunkan-Nya kepadamu. Allah menurunkannya dengan ILMU-Nya; dan malaikat-malaikat pun menjadi saksi (pula). Cukuplah Allah yang mengakuinya. (An Nisaa, 4:166)
Al-Qur’an
6
5
Jika mereka yang kamu seru itu tidak menerima seruanmu (ajakanmu) itu maka (katakanlah olehmu): "Ketahuilah, sesungguhnya Al Qur'an itu diturunkan dengan ILMU ALLAH dan bahwasanya tidak ada Tuhan selain Dia, maka maukah kamu BERSERAH DIRI (kepada Allah)?" (Huud, 11:14)
Berserah diri
1

Berdasarkan data konsep pada ayat-ayat di atas, ilmu Allah satu redaksi dalam ayat berkaitan dengan pengetahuan, keimanan, Al-Qur’an, kesabaran dan berserah diri. Dari kata-kata yang muncul kita bisa beri sedikit penjelasan yang berkaitan dengan ilmu Allah. Pertama; ilmu Allah tersimpan dalam pengetahuan. Allah mengajarkan kepada Nabi Muhammad saw pengetahuan-pengetahuan yang tidak diketahui Nabi Muhammad saw, semisal kisah-kisah hidup manusia terdahulu yang juga telah diutus para Nabi. Allah menyimpan ilmunya untuk manusia dalam bentuk pengetahuan. Kedua; ilmu Allah adalah Al-Qur’an. Kitab suci Al-Qur’an yang bisa kita baca dan pelajari sekarang di dalamnya meliputi ilmu-ilmu Allah. Sedikit atau banyak membaca dan memahami Al-Qur’an tiada lain kita sedang mempelajari ilmu Allah. Ketiga; Ilmu Allah berkaitan dengan membangun keberimanan manusia berdasarkan pengetahuan-pengetahuan yang Allah berikan. Keempat; ilmu Allah membangun kualitas diri manusia menjadi orang-orang sabar. Kelima; Ilmu Allah berkaitan dengan pengakuan atau ketundukkan diri manusia kepada aturan yang Allah tetapkan.

Pada intinya Ilmu Allah dimiliki oleh orang-orang yang menggali pengetahuan dari Al-Qur’an sebagai petunjuk dari Allah agar manusia beriman dan berserah diri terhadap atas segala ketentuan Allah dengan penuh kesabaran.  Orang-orang yang dilimpahi Ilmu Allah adalah mereka yang memahami isi ayat-ayat Al-Qur’an, hatinya dipenuhi keimanan kepada Allah dan berserah diri dengan sabar terhadap segala ketetapan. 

Kesimpulannya, orang-orang yang berilmu Allah, adalah mereka yang beriman kepada Allah sebagai satu-satunya Tuhan yang harus disembah. Mereka adalah orang-orang yang berpikir dengan logika berdasar petunjuk Allah bersumber dari Al-Qur’an. Wallahu’alam.

No comments:

Post a Comment