Saturday, May 9, 2020

ALLAH PENCEMBURU


OLEH: MUHAMMAD PLATO
(Master Trainer Logika Tuhan)

Di dalam Al-Qur’an Allah terang-terangan menyatakan cintanya kepada orang-orang yang berbuat kebajikan. “(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah MENYUKAI orang-orang yang berbuat kebajikan. (Ali Imran, 3:134).

Ayat di atas termasuk salah satu bagaimana Allah menyatakan cinta kepada orang-orang yang dikasihinya. Zuhdi Zaini (2018) menjelaskan cinta Allah kepada kekasihnya dalam artikel berjudul Allah Maha Pencemburu. Allah adalah al-Ghayyur artinya Allah Maha Pencemburu, karena Allah mencinta hamba yang dicintai-Nya. (http://tafsirhadis.ushuluddin.uinjkt.ac.id/?p=1815).  Ciri-ciri orang yang dicintai Allah disajikan dalam ayat-ayat berikut:

NO
SURAT
CIRI-CIRI
1
Q. S. Ali Imran, 3:34
Menafkahkan harta dikala sempit dan lapang. Menahan amarah. Memaafkan kesalahan manusia.
2
Q.S. Al Maidah, 5:54
Lemah lembut pada seiman, keras pada orang kafir. Jihad di jalan Allah, tidak takut celaan dan pada orang pencela.  
3
Q.S. Ali Imran, 3:146
Tidak lemah ditimpa bencana, tidak lesu dan tidak menyerah dijalan Allah. Sabar.
4
Q.S. Ali Imran, 3:159
Pemohon ampun, suka Musyawarah, bertekad bulat, bertawakal.
5
Q.S. At Taubah, 8:108
Shalat di masjid karena takwa, membersihkan diri,
6
Q.S Ali Imran, 3: 76
Menepati Janji. Takwa

Demikian Allah mengemukakan cintanya kepada orang-orang yang dikehendakinya. Kriteria di atas menjadi patokan bagi manusia jika ingin dicintai Allah. Ciri orang-orang di atas dikategorikan sebagai orang-orang yang takwa. Barang siapa ingin selalu mendapat cinta-Nya, maka jadilah orang-orang yang mengikuti keinginan-Nya.


Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Ali Imran, 3:31).

Orang-orang yang mencintai Allah senantiasa ingat kepada Allah. “Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat) -Ku.” (Al Baqarah, 2:152).

Orang-orang yang telah mengikat janji untuk benar-benar mencintai Allah maka dia akan menepati janjinya untuk mengikuti jalan hidupnya di jalan Allah dan Rasulnya. Maka Allah cemburu kepada orang-orang yang dicintainya jika tidak menepati janji, mengingkari, dan mendustainya.

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu MENGINGKARI (nikmat-Ku), maka sesungguhnya adzab-Ku sangat pedih".  (Ibrahim, 14:7).

Bersuyukurlah orang-orang yang telah memiliki karakter-karakter orang dicintai Allah. Semoga kita menjadi orang-orang yang selalu taat karena cinta kepada Allah. Semoga kita dijauhkan dari orang-orang yang ingkar, dusta, dan tidak menepati untuk membalas cintanya Allah. Wallahu’alam.

No comments:

Post a Comment