Tuesday, June 9, 2020

NEW MALIN KUNDANG BERJIHAD DI JALAN ALLAH

OLEH: MUHAMMAD PLATO

Nabi Muhammad saw dalam sebuah hadis menceritakan tidak mengizinkan seseorang ikut jihad dalam peperangan, karena orang tersebut memiliki orang tua yang harus dirawat. Rasululullah mengatakan merawat orang tua adalah jalan jihad yang harus dia kerjakan. Orang tua lanjut usia menuju ke kondisi anak-anak perlu perhatian penuh layaknya anak-anak agar tumbuh dewasa. Kita akan terbebas mengurus orang tua lanjut usia sampai bertemu dengan ajalnya, dan kita lepas mengurus anak-anak setelah dewasa.

Dalam sebuah artikel surat kabar online, diberitakan sebuah suku di masyarakat India memiliki kebiasaan untuk mengakhiri hidup orang tua berusia lanjut. Prilaku melanggar hak asasi manusia tersebut tidak dianggap kriminal karena sudah jadi tradisi. Orang tua yang sudah memasuki usia lanjut mereka rela dan melakukan ritual mengakhiri hidup. Namun seiring kemajuan zaman beberapa orang tua lanjut usia melarikan diri dan bersembunyi karena tidak mau melakukan ritual mengakhiri hidup. para orang tua berusia lanjut mulai khawatir ketika usianya telah lanjut. 

Di negara-negara maju seperti Amerika, tradisi mengakhiri hidup orang tua berusia lanjut seperti di India tidak ada, tetapi mengakhiri hidup orang tua berusia lanjut secara pelan-pelan sudah menjadi tradisi di negara-negara maju. Orang tua berusia lanjut hidup di panti-panti jompo, anak-anak mereka tidak menerima orang tua mereka untuk hidup serumah. Dalam buku Prof. Dedi Mulyana (2010) berjudul Komunikasi Lintas Budaya dijelaskan bahwa seorang ibu berusia lanjut akhirnya meninggal merana di panti jompo. Meninggal bukan karena sakit tidak terjamin makanan atau layanan kesehatan, tetapi tidak terjamin layanan kasih sayang yang hangat dari anggota keluarganya. Ketika berada di tengah keluarga badannya sehat dan ceria, namun ketika keluarganya memutuskan untuk kembali ke panti jompo dia kembali sakit dan meninggal.

Berbeda dengan keluarga di Taiwan. Orang tua berusia lanjut tinggal serumah bersama keluarga, mereka disediakan perawat khusus yang melayani segala kebutuhan orang tua mereka yang telah berusia lanjut.  Masyarakat China terkenal dengan penghargaan tinggi terhadap orang tua karena mereka percaya orang tua sebagai pembawa berkah. Bagi masyarakat China orang tua adalah dewa pemberkah dan setelah meninggal orang tua mereka akan tetap hidup dan dijadikan sesembahan. Apa yang mereka lakukan seperti kepercayaan animisme. (menyembah roh nenek moyang).

Berbeda dengan masyarakat sekular karena pandangan hidupnya cenderung rasional empiris. Masyarakat sekuler menyelesaikan masalah dengan cara-cara teknis berdasarkan etika material. Masyarakat sekuler memandang orang tua berusia lanjut sebagai manusia yang berhak hidup layak dengan layanan makan dan minum terjamin. Namun mereka tidak mempertimbangkan jiwa orang yang sudah berusia lanjut mereka membutuhkan layanan, kasih sayang, dan rasa kekeluargaan sebagaimana anak-anak kecil membutuhkannya.  

Di Indonesia yang religius, orang tua yang sudah berusia lanjut memiliki kebiasaan untuk dirawat bersama keluarga. Bersumber pada ajaran Islam, di masyarakat Indonesia merawat orang tua yang sudah berusia lanjut adalah kewajiban dari seorang anak sebagai bagian dari ketaatan kepada perintah Allah dalam ajaran Islam. Dalam Al-Qur’an Allah memerintahkan dengan jelas, “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.” (Al Israa, 17:23).

Al-Qur’an menjelaskan bahwa secara sosiologis dan psikologis orang tua yang sudah berusia lanjut bukan hanya membutuhkan layanan tempat tinggal nyaman, makanan, minuman yang cukup tetapi membutuhkan layanan kasih sayang, senyuman, canda, tawa, sentuhan, perhatian, dan hidup bersama dalam lingkungan anggota keluarga harmonis. Bukan sekedar pakaian, makanan, fasilitas hidup yang wajib bisa kita penuhi, tetapi ketulusan kita berbakti kepada mereka sebagaimana Allah perintahkan kepada manusia. Inilah salah satu perintah jihad kepada manusia.

Allah paham bahwa banyak prilaku masyarakat seperti Malin Kundang (cerita anak durhaka dari Indonesia) yang bukan saja membunuh dan menelantarkan orang tua berusia lanjut tetapi mendurhakainya dengan tidak mengakuinya sebagai orang tua kandung. Pola pandang Malinkundang sudah terlalu materialistik. Di berbagai negara cerita Malinkundang selalu ada dengan berbagai versi. Maka dari Itu di dalam kitab suci Al-Qur’an, Allah menitipkan orang-orang tua berusia lanjut kepada anak-anak muda untuk berpilaku baik dan memperlakukan mereka sebagai mana mereka memelihara kita di waktu kecil.

Selain itu Allah menetapkan hukum bahwa siapa yang berlaku baik pada ibu bapaknya kelak dia akan mendapat balasan perlakuan baik dari anak-anaknya, dan Allah memudahkan urusannya untuk dunia dan akhiratnya. Siapa yang berani menentang ketentuan Allah, sesungguhnya Allah Maha Perkasa dan Kuasa. Bagaimana nasib orang tua anda sekarang? Mari menjadi New Malin Kundang, dengan menjadi anak yang berjihad di jalan Allah mengurus orang tua kita yang sudah berusia lanjut. Wallau’alam.

No comments:

Post a Comment