Saturday, September 3, 2022

RAHASIA VIER ABDUL JAMAL THE GREAT MAN STOCK TRADER

Oleh: Muhammad Plato

Kali ini saya sajikan tokoh besar dari tokoh pasar modal, beliau adalah Vier Abdul Jamal. Disertasi yang sedang saya tulis berbicara tentang kisah-kisah sukses tokoh besar dunia. Kisah-kisah tokoh besar di dunia mengalami empat kisah yang sama, yaitu usaha, gagal, derita, dan sukses. Saya membaca kisah Vier Abdul Jamal dari buku otobiografinya berjudul, "Vier Abdul Jamal Legenda Pasar Modal Indonesia". Buku ini saya terima langsung dari beliau saat datang memenuhi undangan Talk Shaw di sekolah. 

Sebuah anugerah terbesar untuk dunia pendidikan, tokoh besar pasar modal mau hadir diundang ke sekolah untuk berbagi ilmu trading saham di pasar modal. Saya berharap tokoh-tokoh besar dari berbagai bidang memiliki kepdedulian yang tinggi pada dunia pendidikan seperti Vier Abdul Jamal. Tanpa protokoler beliau mau menerima undangan kami untuk berbagi ilmu dengan siswa-siswi SMA. Semoga beliau tetap diberi kesehatan dan menjadi berkah bagi umat manusia dimanapun berada. 

Dari beberapa kisah yang saya baca dari buku otobiobiografinya, beliau memiliki empat kisah yang sama dilalui oleh tokoh-tokoh besar di dunia, yaitu kisah usaha, gagal, derita, dan sukses. Dalam menjalani karirnya Vier Abdul Jamal memiliki banyak usaha yang dilakukannya. Segala usaha yang dibangunnya tidak lepas dari kreatifitas gagasan yang dimilikinya. Selanjutnya beliau juga mengisahkan kegagalan demi kegagalan dari usaha yang dilakukannya. Kemudian beliau mengisahkan masa-masa penderitaan hidup yang harus dialaminya. Hingga akhirnya beliau menjadi tokoh besar berpengaruh khususnya di pasar modal.

Dari kisah-kisah yang dilaluinya, kita bisa dapatkan filosofi-filosofi hidup layaknya tokoh-tokoh kelas dunia. Sebagai tokoh besar di pasar modal, Vier Abdul Jamal mengidolakan tokoh besar Nabi Muhammad saw. Kisah Nabi Muhammad adalah model perjalanan hidup yang dilalui tokoh-tokoh besar dunia. Setiap kisah tokoh besar dimanapun mengandung pelajaran nilai-nilai ketuhanan. Nilai-nilai itu  sebagaimana firman Allah di dalam Al Quran. 

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (Al Baqarah, 2:261)

Vier Abdul Jamal mengimplementasikan ayat di atas dengan mengatakan, "ilmu jika dibagikan dia tidak akan pernah habis". Komitmen beliau untuk berbagi ilmu trading dengan gratis dilandasi oleh filosofi yang bersumber dalam Al Quran.  

Selain itu, filosofi berdalil lainnya yang dimiliki oleh Vier Abdul Jamal adalah, "kekurangan adalah kekuatan". Kekurangan yang dia miliki selama ini, justru menjadi kekuatan yang tidak dimiliki orang lain dalam bidang trading saham. Mata juling yang dimiliki beliau yang dianggap orang kekurangan, ternyata telah menjadi kekuatan ketika trading beliau bisa melihat beberapa monitor tanpa membutuhkan asistes. 

Filosofi hidup yang beliau miliki Allah jelaskan di dalam Al Qur'an, "Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan." (Alam Nasyraah, 94:5-6). Bersama kelemahanan seseorang Allah menyimpan kekuatan yang dimiliki seseorang. Itulah pelajaran buat kita bahwa Allah maha adil.

Rahasia sukses Vier Abdul Jamal tidak lepas dari keyakinan pada Allah. Beliau praktekkan keyakinannya pada Allah dengan melaksanakan ritual shalat malam 11 rakaat setiap malam, dan malah sampai 100 rakaat. Ritual itu pernah dilakukan sebelumnya selama bulan Ramadan penuh. Doanya, "ya Allah alirkan rezekiku sederas air sungai dan seluas lautan, tapi jangan palingkan wajahku dari Mu". Doa dilakukan terus menerus hingga menjelang enam bulan belum ada jawaban. Jawaban pun tiba, seorang investor menawarkan modal 30 Miliar, dan sukses berkembang menjadi 300 miliar.

Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (Al Baqarah, 2:153).

Orang-orang besar dibentuk oleh Allah dengan karakter unggul dan keyakinan dengan filosofi tinggi bersumber pada Al Quran. Itulah rahasisa sukes Vier Abdul Jamal.  Allah tampilkan model manusia-manusia unggul dari berbagai bidang pada umat manusia agar mereka bisa meneladaninya. Wallahu'alam.***




No comments:

Post a Comment