Sunday, May 15, 2016

LOGIKA HATI


Hati memiliki logika yang tidak mampu dipahami oleh akal pikiran. (Blaise Pascal). Apakah benar hati memiliki logika. Dan bagaimanakah hati berlogika. Silahkan simak saya akan menjelaskannya secara teknis, dengan tujuan agar anda bisa menggunakan logika hati anda.

Sebagaimana dijelaskan oleh Pascal, logika hati sulit dipahami. Mengapa demikian? Logika hati tidak bersifat linier tetapi bersifat multilinier. Logika hati memiliki banyak sebab dan memiliki banyak akibat. Dalam logika hati kita tidak dapat memastikan mana sebab empiris yang dominan dalam memahami suatu kejadian.

Penyebab logika hati tidak bisa dipahami oleh pikiran, berkaitan dengan sumber pengetahuan. Ilmuwan-ilmuwan Barat yang sekuler, tidak mencampuradukkan antara pengetahuan dari Tuhan dengan Alam. Sumber pengetahuan para ilmuwan Barat murni dari Alam. Ukuran kebenaran mereka adalah apa yang mereka lihat saja (empiris atau material). Maka dari itu mereka tidak bisa memahami logika hati yang sifatnya multilinier. Dalam logika Alam, sesuatu tidak dapat ditarik kesimpulan jika tidak ditemukan penyebab kecenderungannya.

Untuk memahami logika hati, sumber pengetahuan yang harus digali, harus langsung bersumber dari Tuhan. Kitab-kitab suci yang disampaikan kepada para Nabi adalah sumber pengetahuan langsung dari Tuhan. Saat ini masih banyak yang belum menyadari bahwa 100% isi dari kitab suci yang disampaikan kepada para Nabi dan Rasul adalah PENGETAHUAN. Maka dari itu sedikit sekali yang menyadari bahwa dari kitab suci tersebut manusia bisa mengungkap rahasia dirinya dan alam semesta.

Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam, di dalam umat Islam sendiri masih kurang pemanfaatannya. Pemanfaatan kitab suci Al-qur’an untuk pengembangan berbagai disiplin ilmu masih sangat terbatas. Padahal dari berbagai temuan para ahli, bersumber pada pengetahuan kitab suci Al-Qur’an banyak ditemukan kebenaran-kebenaran ilmiah.

Bersumber pada pengetahuan dari kitab suci, sebab dan akibat suatu kejadian secara umum telah ditentukan. Penyebab dan pencipta akibat dari segala kejadian adalah Tuhan. Inilah inti dari logika hati. Jika kita baca, Tuhan menciptakan sebab-sebabnya dalam berbagai ketentuan alam. Inilah fokus yang diteliti para ilmuwan sekuler. Kegagalan para ilmuwan sekuler saat ini adalah gagal menemukan kebenaran karena pemilik pengetahuan (kebenaran) adalah Tuhan.

Jadi logika hati itu ada dan bisa dipahami tidak seperti yang dikatan oleh Pascal. Logika hati adalah logika yang dipandu dari ketentuan Tuhan. Logika hati mengajarkan pada pikiran-pikiran positif dari setiap kejadian. Logika hati mengajarkan kepada manusia untuk selalu berpikir dan berbuat baik. Logika hati mengajar untuk selalu menjadi hati tetap baik dengan berpola pikir baik.

Dalam logika hati tidak ada penyebab dan akibat buruk, semuanya baik. Dari mana kita tahu ada logika hati? Seperti yang sudah saya jelaskan, hati berlogika mengikuti petunjuk berlogika yang telah diajarkan Tuhan dalam kitab suci. Apa yang harus saya lakukan jika ingin mengaktifkan logika hati? Berikut saya jelaskan beberapa logika hati yang saya temukan dari kitab suci Al-Qur’an.

NO
SUMBER
LOGIKA HATI
1
Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat maka kejahatan itu bagi dirimu sendiri, dan apabila datang saat hukuman bagi (kejahatan) yang kedua,… (Al Israa:7)
Kebaikan dan keburukan sebabnya dari diri sendiri
2
Hai anak-anakku, pergilah kamu, maka carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir". (Yusuf:87)
Tidak percaya Tuhan, penyebab putus asa
3
“…Janganlah kamu kira bahwa berita bohong itu buruk bagi kamu bahkan ia adalah baik bagi kamu. Tiap-tiap seseorang dari mereka mendapat balasan dari dosa yang dikerjakannya…”  (An Nuur :11)
Berita bohong, fitnah, penyebab kebaikan bagi seseorang
4
Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia. (Fushshilat:34)
Penyebab berhentinya keburukan dengan berbuat kebaikan.
5
Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. (Alam Nasyrah:5-6)
Kesulitan adalah penyebab kemudahan
  
Contohnya segitu dulu aja, masih banyak sebenarnya, silahkan baca blognya sudah ada ratusan tulisan saya posting.

Demikian saya jelaskan ajaran-ajaran logika hati dari Tuhan. Keuntungan jika kita bisa memahami logika hati dari Tuhan, maka pikiran kita akan selalu opitimis, berani mengambil resiko, berani berkorban, karena logika hati bisa membaca, bahwa kebaikan tersimpan dibalik keburukan. Dengan logika hati manusia bisa tampil menjadi manusia unggul, manusia terbaik dihadapan Tuhan. Jagalah hati, karena hati punya logika. Wallahu ‘alam. 

(Muhammad Plato, @logika_Tuhan).

No comments:

Post a Comment