Sunday, August 25, 2019

RAHASIA KAYA DARI WAQI’AH


OLEH: MUHAMMAD PLATO

Pertanyaan ini pernah saya dan mungkin anda ungkapkan kepada orang-orang yang dianggap mumpuni dalam memahami Al-Qur’an. “apa hubungannya membaca surat Al-Waqi’ah dengan kekayaan?” Isi surat Al Waqi’ah menceritakan tentang penghuni surga dan neraka di akhirat diawali dengan kejadian kiamat. Membaca surat ini diyakini umat Islam dapat menjauhkan dari kefakiran.

Dari kajian yang penulis lakukan, mengikuti pola konstruksi logika dalam Al-Qur’an, ada beberapa rumus kaya yang diajarkan di dalam surat Al-Waqi’ah. Penulis coba sajikan dalam tulisan ini agar para pembaca dapat memahami dan terdorong untuk mengamalkannya.

Rahasia pertama adalah manusia akan digolongkan ke dalam tiga golongan, yaitu golongan kanan, (ashabul maimanah), kiri (ashabul masamah), dan orang-orang paling dulu beriman (saabiqun). Ketiga golongan ini memiliki karakter masing-masing.
Menurut Hanan Attaki, sabiqun adalah golongan manusia khusus. Karakteristik mereka adalah golongan yang rela berkorban. Mereka yang rela berkorban, digolongkan pada manusia-manusia yang dekat dengan Tuhan, dan dijanjikan kehidupan sejahtera surga.

Dan orang-orang yang paling dahulu beriman, merekalah yang paling dulu (masuk surga). Mereka itulah orang yang didekatkan (kepada Allah). Berada dalam surga kenikmatan. (Al Waqi’ah, 56 : 10-13).

Golongan yang rela berkorban, bukan hanya mengamalkan shalat tetapi mengeluarkan harta dan jiwanya untuk Allah. Rela berkorban adalah rahasia agar kesejahteraan dunia dan akhirat menghampiri kita. Allah menetapkan hukum, bahwa orang-orang yang rela berkorban mereka akan diberi rezeki yang berkelimpahan di dunia, sampai rezeki terbaik di akhirat yaitu surga.

PENDIDIKAN TERBERAT ADALAH MEALHIRKAN GENERASI SABIQUN, GENERASI YANG RELA BERKORBAN UNTUK ALLAH. (MUHAMMAD PLATO)
Sabiqun adalah golongan awal para sahabat Nabi Muhammad saw. Golongan awal yang mengorbankan harta dan jiwanya untuk penyebaran agama Islam. Mereka adalah golongan yang diberi kelimpahan rezeki dari Allah, dan mendapat rezeki terbaik yaitu surga.

Logika orang-orang sukses di dunia, selalu diawali dengan pengorbanan. Pengorbanan itu dalam bentuk ujian-ujian hidup yang berat dan berhasil dilalui dengan kesabaran di jalan Tuhan. Logika sukses ini sebagaimana dijelaskan di dalam Al-Qur’an.

Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkorbanlah. (Al Kautsar, 2: 1-2).

Rahasia kaya dari Wa’qiah adalah berkorbanlan untuk Allah, dengan harta jiwa, dan raga. Orang-orang yang rela berkorban akan menjadi orang yang dekat Allah, lalu Allah menganugerahkan rezeki yang banyak di dunia dan surga diakhirat.

Ketetapan ini selain dibaca berulang-ulang untuk mengingatkan dan memotivasi,  kita harus melakukannya berulang-ulang berkorban dimulai dari hal-hal kecil sampai pada puncak pengorbanan yaitu mengorbankan barang-barang yang kita cintai dan bernilai tinggi di jalan Allah. Rahasia kaya dari surah Waqi’ah jika ingin benar-benar dirasakan harus dengan tekun dilakukan.

Setiap orang bisa mendapatkan kekayaan dengan rumus ini. Syaratnya baca dan lakukan berulang-ulang dengan konsisten, dan bertawakal kepada janji Allah bahwa mereka yang berani berkorban akan diberi rezeki banyak. Sampai kapan? Sampai mati menjemput kita, agar rezeki yang kita dapatkan bisa kita dapatkan diakhirat. Selamat mencoba, salam sukses dengan logika tuhan. Wallahu’alam.

(Head Master Trainer)

No comments:

Post a Comment