Monday, June 11, 2018

SOAL HOTS BULAN RAMADHAN


MATA PELAJARAN            : LOGIKA_TUHAN
JENJANG                              : SEMUA UMUR
TAHUN                                  : 2020/1441 HIJRIYAH
WAKTU                                  : SEUMUR HIDUP
GURU PEMBINA                 : MUHAMMAD PLATO

Jawablah pertanyan ini berdasarkan informasi yang ada dalam memori Anda. Jangan pinjam memori orang lain, karena bisa jadi memori orang lain terjangkit virus mematikan yang bisa bikin seluruh sistem operasi dalam otak anda ter shutdown.Kerjakan soal soal yang sulit dulu, jika tidak selesai soal boleh dibawa ke rumah.

Perhatikan!!!
Perhatikan ayat-ayat di bawah ini dengan teliti.

  1. Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat maka kejahatan itu bagi dirimu sendiri, (Al Israa, 17:7).
  2. Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. (Alam Nasyarah, 94:5)
  3. Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bahagian. (Adz Dzaariat, 51:19).
  4. Dan (juga) orang-orang yang menafkahkan harta-harta mereka karena riya kepada manusia, dan orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan kepada hari kemudian. (An Nisaa, 4:38)
  5. Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu beruntung. (Ali Imran, 3:200)
  6. Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkorbanlah. (Al Kautsar, 108:1-20

Jawab pertanyaan di bawah ini, dengan memilih salah satu ayat di atas yang menurut kamu cocok untuk dijadikan dasar jawaban. Lalu berikan penjelasannnya!!! 
  1. Ketika wabah virus corona menyebar, orang itu diam diam merasa bahagai. Wajahnya penuh opitmis menatap ke depan!! mengapa orang itu merasa bahagia?
  2. Ketika Anda sedang berjalan di trotoar sambil bercanda, tiba-tiba ada kendaraan roda dua menubruk Anda. Siapakah yang salah? Jelaskan…
  3. Jika Anda mendapat kesulitan, bagaimanakah perasaan anda? Jelaskan…
  4. Jam delapan pagi, rumah bapak Plato dimasuki orang. Setelah di cek barang-barang berharga tabungan setahun hilang dari rumah. Jika dinominalkan jumlahnya 30 juta. Pak Plato ingat Allah dan tersenyum. Barang siapakah yang diambil orang itu?
  5. Suatu Sore, Joni mendengar fitnah tentang dirinya telah beredar di masyarakat. Joni malah senyum bahagia. Jelaskan mengapa Joni tersenyum bahagia!
  6. Suatu hari, Asad membatalkan niatnya untuk bersedekah karena sedekahnya tidak mau dilihat orang. Setujukah Anda dengan tindakan Asad?
  7. Ketika melihat orang lain terkena bencana, orang itu malah terlihat bahagia sambil memberi bantuan. Jelaskan mengapa orang itu merasa bahagia?
  8. Sudah hampir 8 tahun orang itu menderita sakit yang tak kunjung sembuh. Namun demikian setiap hari orang tersebut selalu bahagia. Mengapa demikian?
  9. Ketika di dzalimi oleh orang lain, tidak sedikitpun ada rasa kecewa pada orang itu. Ketika yang mendzaliminya kesulitan, orang itu memberi bantuan.  Jelaskan mengapa demikian sikap orang itu!
  10. Pemimpin itu benar-benar berpribadi agung, sekalipun dirinya dipermalukan di depan umum, dia tidak melakukan pembalasan sedikitpun. Jelaskan mengapa bisa demikian?
  11.  Ahmad selama hidupnya tidak pernah mengeluh. Semakin berat beban yang dia terima semakin bahagia dia kerjakan. Jelaskan mengapa Ahmad berprilaku demikian?

**Selamat ujian, Semoga Gagal!**

Saya bermimpi ke depan, akan ada mata pelajaran atau mata kuliah logika Tuhan di sekolah SMA/SMK untuk membangun karakter dengan pendekatan pola pikir. Mata pelajaran logika Tuhan, setidaknya akan menjadi upaya sadar kita sebagai insan pendidik dalam melahirkan manusia manusia berkualitas di abad 21.

Upaya itu sekarang sudah saya kerjakan dengan memberikan seminar-seminar motivasi di sekolah yang saya Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat maka kejahatan itu bagi dirimu sendiri, dan apabila datang saat hukuman bagi (kejahatan) yang kedua, (Kami datangkan orang-orang lain) untuk menyuramkan muka-muka kamu dan mereka masuk ke dalam mesjid, sebagaimana musuh-musuhmu memasukinya pada kali pertama dan untuk membinasakan sehabis-habisnya apa saja yang mereka kuasai.bina dengan dengan jadual rutin satu bulan sekali untuk seluruh angkatan. Juga menawarkan seminar-seminar ke sekolah-sekolah yang sangat konsen pada pendidikan karatker.

Upaya kecil ini saya dedikasikan untuk dunia pendidikan. Ke depan siapa tahu ada pemikir-pemikir kelas dunia lahir dari bangsa kita, dengan pola pikir yang sesuai dengan budaya dan lingkungan di mana kita tinggal. Wallahu ‘alam.

(Penulis Master of Trainer logika_Tuhan)

1 comment: