Saturday, September 14, 2019

ERDOGAN MENJELASKAN LOGIKA TUHAN

OLEH: MUHAMMAD PLATO

Kita mungkin seperti prasangka orang awan lainnya. Bahwa kedigdayaan sebuah bangsa terletak pada kepemilikan angkatan bersenjata dengan alat-alat senjata super canggih. Kapal Induk, pesawat tempur anti radar, rudal dengan jarak jangkau ribuan kilometer berhulu ledak nuklir, pesawat tempur tanpa awak dan satelit pengintai. Berdasar ukuran material itu, kita merasa tidak berdaya dan menjadi bangsa lemah dibanding negara lain.

Kekuatan sebuah bangsa bukan pada kepemilikan benda material. Dalam logika Tuhan kekuatan itu terletak pada ketaatan warga negara kepada Tuhan. Umar bin Khattab, menyuruh pulang seorang pemuda dari petempuran, karena seorang pemuda tersebut diketahui termasuk anak durhaka kepada orang tua.

Erdogan dalam pidatonya di youtube berjudul Kisah Hulagu dan Kadihan. Hulagu (cucu Jengis Khan) menaklukkan Bagdad. Persitiwa penaklukkan dikabarkan memakan korban antara 200-400 ribu orang. Setiap masjid bersejarah, istana, perpustakaan, dibumi hanguskan oleh Hulagu khan. Pemerintahan Hulagu yang berada di luar kota, mengirim kabar bahwa dirinya ingin bertemu dengan ulama terkemuka di daerah itu. Tidak ada satu pun ulama yang berani bertemu Hulagu. Pada akhirnya seseorang bernama Kadihan, seorang guru madrasah yang masih muda belum berjanggut, berani bertemu dengan Hulagu.

Dia membawa seekor unta, seekor kambing, dan seekor ayam bersamanya. Ketika sampai di markas, Hulagu memandanginya dari ujung rambut sampai ujung kaki. Hulagu bertanya kepada Kadihan, “apakah selama ini mereka hanya bisa menemukan orang seperti mu untuk menghadap ku?”. Kadihan menjawab, “jika engkau ingin bertemu orang besar, di luar ada unta, jika engkau ingin bertemu yang berjanggut di luar ada kambing, jika engkau ingin bertemu yang bersuara lantang di luar ada ayam jantan. Engkau bisa panggil sesuka hatimu”. Demikian jawaban Kadihan.

JIKA KALIAN SUDAH SADAR DIRI, BERSABAR DAN SELALU BERHARAP PERTOLONGAN DARI TUHAN, MAKA TUHAN AKAN MEMBERI KEKUATAN KEPADA BANGSA MU DENGAN 5000 MALAIKAT BERTANDA (MUHAMMAD PLATO)
Hulagu sadar bahwa orang yang dihadapinya bukan orang sembarangan. Lalu Hulagu berkata, “beritahu padaku, apakah sebab yang mampu mendatangkan aku ke sini?”. Sang pemuda itupun memberikan jawaban yang sangat menyentuh, “yang mendatangkan kamu ke sini adalah amal-amal kami. Kami tidak bersyukur kepada nikmat-nikmat yang telah Allah berikan kepada kami. Kami jatuh ke dalam jurang kesenangan dan berfoya-foya. Kami sibuk mengejar pangkat, jabatan, dan kekayaan dunia. Allah mendatangkan kamu untuk mengambil nikmat-nikmatnya kembali”.

Hulagu pun memberikan pertanyaan kedua, “kalau begitu siapa yang bisa mengusirku dari sini?” Kadiha pun menjawab, “JIka kami kembali sadar akan diri kami. Jika kami mensyukuri segala nikmat yang diberikan kepada kami. Jika kami berhenti bertikai satu sama lain, maka pada saat itulah kau tidak akan bisa bertahan di tanah ini”.

Erdogan ingin menyampaikan bahwa kekuatan sebuah bangsa terletak pada ketakwaan warga negara kepada Tuhan, merasa cukup atas nikmat yang telah diberikan Tuhan, dan melaksanakan perintah Tuhan dengan mengutamakan persatuan dan perdamaian.

LOGIKA TUHAN

SEBAB
AKIBAT

KETAKWAAN DITANDAI
SABAR, BERSYUKUR ATAS SEGALA NIKMAT YANG TELAH ALLAH BERIKAN
MENGUTAMAKAN HIDUP DAMAI DAN MENJAGA PERSATUAN

KEKUATAN BANGSA TIDAK AKAN TERKALAHKAN

SUMBER PENGETAHUAN


“ya (cukup), jika kamu bersabar dan bertakwa dan mereka datang menyerang kamu dengan seketika itu juga, niscaya Allah menolong kamu dengan lima ribu Malaikat yang memakai tanda.” (Ali Imran, 3:125)


Logika ini bisa jadi pondasi dasar dalam mengelola pendidikan. Sekolah sebagai tempat pewarisan generasi penerus, jika ingin melahirkan generasi-generasi yang kuat dan cerdas di masa mendatang, maka pendidikan harus didasari oleh pembentukan pola pikir dan pembiasaan yang akan menjadikan anak-anak manusia bertakwa (sabar dan optimis berharap pada Allah), cinta damai dan selalu menjaga persatuan sebagaimana Allah perintahkan. Jika sekolah-sekolah melaksanakan pendidikan dengan dasar logika Tuhan, maka Allah akan menolong keberhasilan di sekolah dengan lima ribu malaikat yang memakai tanda. Wallahu’alam.

(Penulis Master Trainer Logika Tuhan).

No comments:

Post a Comment