Sunday, August 30, 2020

MENTAL CHAMPION PART I

 Oleh: Muhammad Plato

Kisah ini dirangkum langsung dari Mario Halim ahli network marketing berkala internasional. Pemikiran-pemikiran beliau masuk pada kategori growth mindset sebagaimana dijelaskan oleh Carol Dweck. Pola pikir ini dijelaskan di dalam Al-Qur'an. 

Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia. (Ar Ra'd, 13:11) 

Orang sukses harus berani bermimpi dan kita harus membaca buku orang sukses, kita bisa kopi pola pikir mereka, dan melakukan apa yang mereka lakukan. Cara belajar sukses yaitu dengan belajar dari orang sukses. Kabar baiknya orang sukses menulis buku. Untuk itu biasakan baca buku orang-orang sukses.

Mimpi saya menjadi pemilik dari pabrik sembako. Hidup dalam keadaan miskin tidak enak sekali. Hal yang memicu saya ingin sukses adalah rasa sakit karena miskin. (Mario Halim). Orang miskin tidak banyak pilihan dan orang sukses punya banyak pilihan.

Lingkungan sangat penting. Peranan besar dalam hidup kita adalah lingkungan. Jika lingkungan positif kita akan selalu bisa menghadapi dan menyelesaikan masalah. Kesuksesan ada dibalik masalah. (Mario Halim). Jika anda banyak menyelesaikan masalah barang-barang anda akan banyak yang dibeli.



Peran orang tua saya sangat besar. Orang kaya punya banyak kelebihan tapi mengajari anak dengan manja. Orang tua saya tidak pernah mengajarkan kemanjaan. Orang tua saya waktu mengalami masalah keuangan sempat menjadi petani bawang, menyewa lahan, panen, dan menjual. Orang tua saya melibatkan saya. Jadi sejak kecil sudah diajarkan menjadi pekerja keras. Orang tua saya memeiliki pemikiran optimis terhadap kehidupan. Walaupun belum tahu cara hidup, optimisme menjadi bagian dari kehidupan saya di keluarga.

Kegagalan dimulai dari pikiran, jika pikiran sudah pesimis 50% sudah kalah. (Mario Halim) Respon kita terhadap situasi tergantung pada lingkungan. Saya tidak seperti anak lain. Orang tua saya membatasi bermain. Ketika sedang enak bermain saya dipanggil pulang. Jadi kesenangan saya selalu tertunda. Orang-orang sukses adalah orang yang bisa menunda kesenangan. (Mario Halim).

Champion Mindset adalah berani mengambil tanggung jawab. Impian anda tanggung jawab siapa? Waktu anda sekolah anda dikatakan pemenang kalau nilai bagus atau dapat piala. Dalam kehidupan, pemenang adalah jika anda menjadi berkah bagi orang lain. (Mario Halim)

Orang-orang sukses harus punya mentor. Hati-hati dengan mentor-mentor palsu. Mentor palsu punya kata-kata bagus tetapi punya sesuatu. Mentor yang selalu meminta bayaran adalah mentor palsu. Orang sukses dia suka mengajar tetapi tidak menggunakan kepintarannya untuk dibayar. (Mario Halim)

Kenapa kita bisa sukses? Dikatakan bahwa Tuhan itu maha besar, maha kuasa, maha kaya, tidak ada batasannya. Kita mendapat jatah yang sama dari Allah. Jangan percaya dengan berita tapi percayalah pada pengetahuan. Berita dibumbui oleh sensasi. Pengetahuan sesuatu hal yang bisa menambah kapasitas kita. Pengetahuan bisa menjadi kemampuan kita. Pengetahuan akan menentukan kapasitas rejeki kita menjadi besar. (Mario Halim)

Skill itu bisa dipelajari. Tidak bisa bahasa inggris kita bisa mempelajarinya. Di sekolah anda akan mempelajari skill baru. Di zaman sekarang orang dituntut untuk beberapa skill. Skill menjadi guru tetapi harus mempelajari skill bisnis.

Bagaimana cara supaya bisa punya mimpi. Jika anda ditugaskan hal kecil, anda harus selesaikan hal kecil itu, maka anda akan percaya diri. Jika tidak menyelesaikan tugas gampang, anda akan kehilangan percaya diri. Tidak percaya diri karena anda membohongi diri anda sendiri. Setelah melihat anak tangga pertama anda akan melihat tangga kedua.

Tegaslah terhadap tujuan yang anda tetapkan. Kebanyakan orang berubah-ubah tujuan sesuai musim. Tujuan kita bukan penghasilan, tetapi tujuan kita punya penghasilan tetapi tidak bekerja. Resiko jika tidak tegas anda tidak akan jadi ahli pada bidang anda.

Usaha network marketing kita berpartner dengan perusahaan besar. Potensi income kita berdasarkan jaringan. Sebesar jaringan yang anda bangun income anda tambah besar. Bergabung dalam perusahaan internasional dengan nasional penghasilannya beda. Jika anda mengerti tujuan anda pasti pengeluaran anda hemat.

Cara mengatasi gangguan pada saat mau melangkah adalah mengendalikan diri sendiri. Jika anda berkomitmen menyelesaikan tugas-tugas kecil, maka orang akan menghargai tujuan anda. Bisnis dan pekerjaan harus dari kendali anda. Sewaktu bekerja saya tidak menghabiskan pekerjaan dengan cara satu cara. Hanya orang bodoh yang merasa hidup ini akan baik-baik saja. Di saat kita melepaskan dari pandangan orang, maka kita akan mengendalikan hidup kita. (Mario Halim)

Zona nyaman itu pembunuh kreativitas. Bertahan di zona nyaman berarti kita memutuskan untuk jadi orang biasa. (Mario Halim). Zona nyaman adalah tantangan hidup kita. Di waktu tua jika hidup tidak cukup lumbung maka di waktu tua kita akan menyusahkan orang.

Dunia saat ini beralih dari dunia nyata ke dunia maya. Internet mengubah kehidupan kita. Perusahaan-perusahaan besar punya cukup dana menyediakan kebutuhan internet untuk produk kita. Kekayaan terbesar yang kita dapat sekarang di dapat dari internet. Pesented yang banyak menghasilkan orang kaya adalah dokter dan pengacara. Artis adalah percented yang sedikit menghasilkan orang kaya. Dalam dunia bisnis banyak orang kaya lahir dari dunia internet. Impian kita adalah bukan untuk mendapatkan benda, tetapi membahagiakan orang lain. (Mario Halim).

Sesuatu yang menurut anda penting pasti berharga. Penting tidak Kesehatan orang tua anda? penting tidak kesenangan istri anda? Orang sukses tidak berpikir atau tetapi menggunakan kata-kata dan. (Mario Halim) Asal tidak membuat orang celaka, impian sah-sah saja. Jika anda merasa penting harga harus dibayar terhadap sesuatu yang penting. 

Tidak ada yang berhasil dengan memiliki uang, karena tidak ada cinta di dalamnya. Uang adalah tool. Tujuan kita adalah menggunakan uang untuk tujuan impian kita. Orang-orang terlena dengan mengejar uang. Tidak punya uang juga bermasalah, karena tidak akan bisa menyenangkan orang. Cinta di dalam kehidupan itu adalah yang kita inginkan. Jika kita punya aset penghasil uang, kita bisa jadi punya cinta.

2 comments:

  1. terimaksih pa, menjadi motivasi bagi saya untuk lebih baik lagi.
    "Orang-orang yang ada di sekitarmu dapat dijadikan inspirasi, atau bahkan menguras tenagamu. Jadi, pilihlah secara baik-baik."Hans F. Hanson

    ReplyDelete
  2. sama sama semoga, kebaikan dari Allah tersebar di seluruh penjuru langit dan bumi. manusia-manusia baik di seluruh sudut bumi adalah pelaku kebaikan yang diajarkan Allah.

    ReplyDelete